Glikolisis , Dekarboksilasi oksidatif , Siklus Krebs , dan Transpor Elektron

6:44 AM Farrid Kuntoro 1 Comments


Hallo Guy's ! , selamat malam ! kali ini ane mau share tentang tugas biologi ane nih yang terdiri dari :
Bagan dan tahap tahap dari :
1.glikolisis
2.dekarboksilasi oksidatif
3.siklus krebs
4.transpor electron

langsung aja ke isi dari rangkumannya nih :

1.Glokolisis
Skema tahapan glikolisis
Gambar 1.1. Skema 10 tahapan glikolisis melalui tahap penggunaan energi dan pelepasan energi.

Nih ane ringkas ya biar gampang nulisnya haha , meringkas semua tahap pada akhirnya dalam bentuk ringkas. Seluruh proses melibatkan pemecahan satu molekul glukosa dan menghasilkan 2 molekul NADH, 2 molekul ATP, 2 molekul air dari air dan 2 molekul asam piruvat. Produk-produk dari glikolisis selanjutnya digunakan dalam asam sitrat atau siklus Krebs yang merupakan bagian dari respirasi selular.

Glukosa (C6H12O6) + 2 [NAD] + + 2 [ADP (Adenosin difosfat)] + 2 [P] i ---> 2 [C3H3O3] - (Piruvat) + 2 [NADH] (Reduced nicotinamide adenine dinucleotide) + 2H + + 2 [ATP] (Adenosine Triphosphate) + 2 H2O

Setiap tahap adalah perubahan energi halus dimungkinkan oleh berbagai enzim hadir dalam sitoplasma yang bekerja dalam koordinasi. Presisi dengan masing-masing reaksi pergi ke depan dalam mode disinkronkan sangat menakjubkan. Ketika Anda pergi lebih dalam dan lebih dalam biokimia, Anda semakin dapat menghargai keajaiban bahwa hidup.

2.Dekarboksilasi oksidatif

Dekarboksilasi oksidatif adalah reaksi yang mengubah asam piruvat yang beratom 3 C menjadi senyawa baru yang beratom C dua buah, yaitu asetil koenzim-A (asetil ko-A). Pada tahap 1, molekul piruvat (3 atom C) melepaskan elektron (oksidasi) membentuk CO2 (piruvat dipecah menjadi CO2 dan molekul berkarbon 2), Pada tahap 2, NAD+ direduksi (menerima elektron) menjadi NADH + H+ . Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A (koenzimA) sehingga terbentuk asetil Ko-A.
Reaksi yang dikatalisis oleh kompleks piruvat dehidrogenase dalam matriks mitokondria melibatkan tiga macam enzim yaitu piruvat dehidrogenase, dihidrolipoil transasetilase, dan dihidrolipoil dehidrogenase. Hasil akhir tahapan ini adalah asetil koenzim A, CO2, dan 2NADH.


3.Siklus Krebs

Siklus Krebs

Oksigen yang dihasilkan oleh organisme fotosintetik pertama mungkin beracun ke bentuk kehidupan awal anaerobik, tetapi organisme kemudian mengembangkan cara untuk memanfaatkan kekuatan oksigen untuk membuat ATP.
Pada sel eukariotik, jika oksigen hadir, molekul piruvat yang dihasilkan oleh glikolisis dalam sitoplasma memasuki mitokondria untuk pemecahan lebih lanjut dan pelepasan energi. Siklus Krebs memanfaatkan energi yang tetap pada piruvat setelah glikolisis.
Siklus Krebs menghilangkan energi dari asam sitrat dalam langkah-langkah kecil, menyimpannya dalam molekul pembawa energi yang beragam: ATP, NADH dan FADH 2.
Siklus Krebs menghasilkan dua molekul CO2 per asetil-CoA, melengkapi pemecahan glukosa.

4.Transpor Elektron

Rantai transpor elektron adalah tahapan terakhir dari reaksi respirasi aerob. Transpor elektron sering disebut juga sistem rantai respirasi atau sistem oksidasi terminal. Transpor elektron berlangsung pada krista (membran dalam) dalam mitokondria maka kemudian STE juga dikatakan Fosforilasi Oksidatif Molekul yang berperan penting dalam reaksi ini adalah NADH dan FADH2, yang dihasilkan pada reaksi glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, dan siklus Krebs. Dari Glikolisis 2 NADH, dari DO ada 2 NADH, dari Siklus Krebs 6 NADH dan 2 FADH2 Selain itu, molekul lain yang juga berperan adalah molekul oksigen, koenzim Q (Ubiquinone), sitokrom b, sitokrom c, dan sitokrom a. NADH dan FADH ini berintegrasi dengan O2 dan enzim sitokrom untuk menghasilkan Air dan ATP Setelah terintegrasi dengan melepaskan ion H + maka NAD dan FAD kembali ketempat asalnya untuk mengikat ion H + lagi , 2 NAD kembali ke sitoplasma untuk menghanbil ion H + pada proses glikolisis, 2 NAD ke membran luar mitocondriia untuk mengikat ion H+ pada peristiwa DO dan 6 NAD dan 2 FAD ke matriks mitokondria untuk mengikat ion H+ lagi OK  

untuk gambarnya KLIK DISINI



THANKS FOR READING THIS ARTICEL !!
HATUR NUHUN , GUYS !
KEEP LOOK THIS SITE
DON'T FORGET TO FOLLOW AND SUBSCRIBE
@FARRID_JR



You Might Also Like

1 comment:

  1. Glikolisis , Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus Krebs , Dan Transpor Elektron >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Glikolisis , Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus Krebs , Dan Transpor Elektron >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Glikolisis , Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus Krebs , Dan Transpor Elektron >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK wa

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca artikel ini , Silahkan Komen jika ada yang ingin di tambahkan atau di kritik/saran dan Share ke social media kalian semoga bermanfaat :D

iKlan Kami