Tragedi Tanjung Priok

9:49 PM Farrid Kuntoro 0 Comments

tanjung-priok-1984


Holla dakss ! , selamat pagi yaaa
udah sarapan apa belum nih di pagi minggu yang cerah ini ? hahaha semoga udah yaa , oiyaa kali ini ane mau bahasa tentang Tragedi Tanjung Priok yang udah lampau sih , cuma lagi gencar gencarnya pembahasannya karna katanyaa keluarga korban Tragedi Tanjung Priok menolak Rekonsiliasi oleh pemerintah ,yang meskipun sedang ada konflik antar kedua blah pihak , tetapi semoga keduanya dapat menyelesaikannya dengan baik baik , oiya dakks udah pada tau belum cerita Tragedi Tanjung Priok ? kalo belum tau nih mimin kasih tau secara singkatnyaa yaa , check this out !!

Peristiwa Tanjung Priok adalah peristiwa kerusuhan yang terjadi pada 12 September 1984 di Tanjung Priok, Jakarta, Indonesia yang mengakibatkan sejumlah korban tewas dan luka-luka serta sejumlah gedung rusak terbakar. Sekelompok massa melakukan defile sambil merusak sejumlah gedung dan akhirnya bentrok dengan aparat yang kemudian menembaki mereka. [1][2] Setidaknya 9 orang tewas terbakar dalam kerusuhan tersebut dan 24 orang tewas oleh tindakan aparat.[3] Pada tahun 1985, sejumlah orang yang terlibat dalam defile tersebut diadili dengan tuduhan melakukan tindakan subversif, lalu pada tahun 2004 sejumlah aparat militer diadili dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia pada peristiwa tersebut.[4]
Peristiwa ini berlangsung dengan latar belakang dorongan pemerintah Orde Baru waktu itu agar semua organisasi masyarakat menggunakan azas tunggal Pancasila . Penyebab dari peristiwa ini adalah tindakan perampasan brosur yang mengkritik pemerintah di salah satu mesjid di kawasan Tanjung Priok dan penyerangan oleh massa kepada aparat. "

Nah kurang lebih seperti itu ceritanyaa ane juga tau sih sebenernya cuma ane takut ada salah kata tar di komen lagi ahahha ,oiya tak lupa mimin juga menyertakan kopasan mimin dari Bang WIKIPEDIA hehe , kalo mau ada yang di tanyain lagi atau ada yang mau menambahkan silahkan komen yaa , sewajarnya loo komen itu jangan ngawur -_- Thanks you dakkss udah baca blogger ane yang mungkin masih jauh dari kata sempurna yaa , DON'T FORGET TO SUBSCRIBE !!

You Might Also Like

0 comments:

Terima Kasih telah membaca artikel ini , Silahkan Komen jika ada yang ingin di tambahkan atau di kritik/saran dan Share ke social media kalian semoga bermanfaat :D

iKlan Kami